Senin, 14 Mei 2012

First step in cambodia..

gue berangkat pukul 23.00 waktu vietnam ke cambodia..dan kembali gue dicuekin sama awak busnya sementara bule" disuruh duduk dan dikasih lembar imigrasi, karna gue dikira orang lokal "-_-..sampe gue bilang sorry sir iam not cambodian,or vietnemes iam indonesian..baru deh gue dikasih lembar imigrasi buat diisi..

 ni bus antar negara vietnam-kamboja :




gue dapet pengalaman seru di sini..waktu gue mau berangkat ada seorang bule muda yg melototin gue,gue pelototin balik,tapi dia tambah melotot eh yaudah deh gue yg ngalah "-_-..
dan sialnya itu bule yg jadi temen sebangku gue duduk di bus...

sebelumnya gue duduk sebangku sama anak singapore namanya ridwan eh ternyata kursi gue sama dia salah nomor,gue sadar ketika seorang cewek dr inggris negor gue kalo itu kursi dia sama temen"nya..setelah gue cari nomor seat 24 nomor gue,gue sebangku sama si bule tadi,,gue diem"an sekitar 30menit lah,sampe akhirnya gue berani negor dia..
gue sapa hey..dia jawab : hey..

terus gue sama" ngucapin whats ur name ?
where do u come from ?
how old r u ?
hahaha kita sama" grogi kaya di film"..

nama dia Clayn,dia 21 Tahun anak amerika tapi dia lagi 6bulan beasiswa buat sekolah making film di singapore, gue sama dia punya banyak kesamaan haha
kita sama" Rasis,sama" benci foreign,sama" gak bangga dengan negara sendiri,sama" Tampan,dan sama" backpacker miskin tentunya hahahaha

sampe di perbatasan Moc Bai vietnam-kamboja sekitar pukul 06.30 jadi kita nunggu setengah jam buat lewat,suasana semua penumpang yg masih ngantuk dan suana imigrasi yg sepiii jadi pemandangan yg cukup indah disini..
gak beda jauh men..gak ada pemeriksaan apa" disini cuma pengecapan paspor,kernet bus gue ngasih beberapa lembar duit ke petugas imigrasi sebagai bentuk suap kecil"an..

first step in cambodia


Tugu di perbatasan..



gak jauh beda sama vietnam..gak ada pemeriksaan disini "-_-...jalan dilanjutin sekitar 3 jam lebih buat ke pnompenh..bus berenti istirahat dulu disini...
gue clayn dan ridwan sarapan nasi goreng  bersama :D


gak lama kita jalan lagii,dan musti naik ferry lagi buat nyebrang ke kota pnompenh..tapi gabisa keluar dari bus,gak kaya di indonesia..
waktu di kapal clayn bilang ke gue where r u going ? gw bilang : i dont know yet, maybe i just want to see small guesthouse or motel there...
terus dia keluarin secarik kertas bertuliskan top banana,dan ternyata sama kaya hotel yg gue tuju..
jadi clayn bilang kenapa kita gak bareng aja buat tinggal ? oke deh gue iyain..

ni foto di atas bus di ferry si clayn cuma tidur doang "-_-


kita sampe pukul 13.00 ngaret banget dijadwal bilang jam 09.00 atau 10.00...setelah sampe gue sibuk nyari bagasi gue,sampe lupa punya janji barengan sama si Clayn sampe gue mau jalan sendiri..tiba" si clayn lari manggil gue,hey man you said we will go together ? hahaaha
oke kita pergi bareng sebelumnya temenin gue nukar uang dulu ya soalnya uang gue dollar singapore kata si clayn..

di money changer gue ambil map pnompenh city dan nanya ke sopir tuk-tuk kira" berapa ongkos ke top banana ? dia bilang 3usd berdua..gue tawar 2usd berdua dan kita deal..lumayan jauh sekitar 7kilo perjalananya..



Ni video kita naik tuktuk

cuma 10 menit lah kira"....

setelah sampe top banana,clayn gak suka karna kamarnya dorm,sekamar ber 5 sama backpacker lainnya..
Clayn gak suka sama orang asing,jadi dia mutusin buat nyari mini Banana,cabang dari top banana yg kamarnya 1 orang sendirian..
yaudah deh,gue misah....setelah 20 menit dia balik lagi...dia nyasar dan bilang gak bisa nemuin mini banana -_- hahahaha,jadi dia minep bareng gue lagi,di top banana...
harganya cuma 5usd perhari kamarnya lumayan bagus,besar,ber ac dan ada kamar mandi di dalem 2...

ni kamarnya...

baru setengah jam dikamar kita udah gak betah..disini banyak penawaran tour gak jelas yg sekitar 12 usd ke beberapa tempat..tapi gue sama clayn lagi" punya pikiran yg sama..kita sama" pengen pergi cuma kekiling field atau tuol sleng jail jadi bisa lebih murah hahaahahaha...

setelah keluar ternyata nyari tuk-tuk gak semudah yg di infoin di google,sopir tuk-tuk gak ada yg nawarin kita..,jadi kita jalan kaki dulu..sampe seorang sopir tuk-tuk nyamperin juga akhirnya...
tapi tu sopir tuk-tuk bilang gini ke Clayn :
hey mister sama saya aja sini lebih murah jangan sama dia..
"-_- gue dikira orang kamboja dan dikira tour gaetnya si clayn...terus clayn bilang no no no,he's my friend from indonesia.,
sopir tuk-tuk : ooo,oke where u wanna go ?
clayn : killing field..
sopir tuk-tuk : ok 15usd you both,go there and back to here
clayn : oke !
gue bisikin clayn : -__- itu mahal banget bro,kita bisa dapet lebih murah,oke kata clayn..lo aja yg nawar

gw tawar 8usd 2 orang dia gak mau,yaudah kita jalan lagi dan cuma beberapa langkah ada tukang ojek nyamperin with me just 8usd brother...trus si sopir tuk-tuk tadi dateng lagi,,oke brother sama gue 8usd juga lebih adem naik tuk-tuk,lebih nyaman duduknya,gue tungguin lo selama apapun di killing field begitu katanya..
tapi clayn bisikin gue,katanya si sopir tuk-tuk gak jujur,kita naik ojek aja..gapapa panas-panasan yg penting tukang ojeknya gak selicik dia..hahaha iya aja deh gue ikutin maunya clayn..

to be continued in Killing field....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar